FI'IL LAZIM DAN MUTADDI
Posted in nahwu
FI'IL LAZIM DAN MUTADDI
A.
Fi’il lazim
1.
Pengertian
فاللازم ما لاينصب المفعول به,كخرج و فرح
(fiil lazim adalah fiil
yang tidak memerlukan maf’ul bih seperti خرج dan فرح)
Jadi fi’il lazim adalah fi’il yang hanya memiliki fa’il atau pelaku, tetapi
tidak memiliki maf’ul bih atau objek. Dalam tata bahasa Indonesia Fi'il Lazim sama
dengan Kata Kerja Intransitif, yaitu kata kerja yang tidak membutuhkan obyek.
Berikut beberapa contoh fi’il lazim
No.
|
Fi’il Lazim
|
Arti
|
Contoh
|
Arti
|
1
|
رجع-يرجع
|
Kembali
|
هو
يرجع
|
Dia Kembali
|
2
|
جلس-يجلس
|
Duduk
|
انت
تجلس
|
Kamu Duduk
|
3
|
نام-ينام
|
Tidur
|
احمد
ينام
|
Ahmad Tidur
|
4
|
نزل-ينزل
|
Turun
|
انا
انزل
|
Saya Turun
|
2.
Tanda-tanda fi’il lazim
·
Tidak bisa bersambung dengan ha’ dhomir yang ruju’ pada selainnya masdarnya
fi’il dan isim maf’ulnya tidak tam(membutuhkan huruf jar), seperti: ممرور به
3.
Sepesifikasi fi’il lazim
Fi’il menjadi lazim
sebagai berikut:
·
اذا كان من باب كرم كشرف و حسن و جمل
(kalau
termasuk bab كرم sepertiشرف (mulia/terhormat), حسن (bagus),
dan جمل (cantik)).
·
او كان من باب فرح ودلّ على لون اوعيب اوحليةاوفرح
اوخلوّاوامتلاءكحمروعمش وغيد وطرب وحزن وصدي وشبع
(termasuk bab فرح dan artinya menunjukkan
warna, cacat, indah, gembira, sedih, kosong, penuh.seperti: حمر (merah)
عمش (lemah penglihatan) غيد(lemas)
طرب (gembira) حزن (sedih)
صدي (haus) شبع (kenyang)).
·
اوكان مطاوعا للمتعدّى لواحدككسرت الحجر فانكسرودحرجته
فتدحرج والمطاوعة قبول اثرالفعل
(Atau menunjukkan akibat
dari fiil muta’adi yang menashobkan satu maf’ul, seperti: كسرت الحجر فانكسر Artinya: “aku telah
memecahkan batu itu, maka dia menjadi pecah”.yang menjadi contoh: انكسر dan دحرجته فتدحرج Artinya:”aku telah
menggelindingkan batu itu, maka dia pyn menggelinding”. Yang menjadi contoh:
تدحرجarti muthawa’ah adalah menerima akibat perbuatan).
·
اوكان على وزن افعللّ كاقشعرّاوافعنلل كاحرنجم
(atau berwazan افعللّ
seperti اقشعرّ (merinding
bulu-bulu badan) dan berwazan افعنلل seperti
احرنجم (berkumpul)).
·
اوكان محوّلا الى فعل فى المدح والذّمّ كفهم الرّجل
Atau diubah wazannya
menjadi فعل seperti فهم (faham), seperti dalam kalimat: فهم الرّجل (orang
itu faham)
·
وما اقتضى نظافةاودنسا1
Dan sesuatu(fiil) yang menunjukkan
makna bersih atau kotor
B.
Fi’il Muta’addi
1.
Pengertian
المتعدّى ما ينصب المفعول به
(fiil muta’adi adalah fiil yang memerlukan maf’ul bih).
fi’il muta’addi adalah fi’il yang tidak hanya cukup memiliki fa’il atau
pelaku, tetapi harus dilengkapi dengan maf’ul bih atau objek. Dalam tata bahasa
indonesia fi’il muta’addi sama dengan kata kerja transiti yaitu kata kerja yang
membutuhkan objek.
Berikut beberapa contoh fi’il muta’addi
No.
|
Fi’il Lazim
|
Arti
|
Contoh
|
Arti
|
1
|
تعلم-يتعلم
|
Belajar
|
أناأتعلم
اللغه
|
Saya belajar bahasa
|
2
|
اكل-يأكل
|
Makan
|
أناأكل
الرز
|
Saya makan nasi
|
3
|
شرب-يشرب
|
Minum
|
أنا
أشرب البن
|
Saya minum susu
|
4
|
ضرب-يضرب
|
Memukul
|
أنا
أضرب لكلب
|
Saya memukul anjing
|
5
|
قرأ-يقرأ
|
Membaca
|
أنا
أقرأ الكتب
|
Saya membaca buku
|
2.
Tanda-tanda fi'il muta’addi
·
Dapat disambung dengan ha’ dhomir yang tidak meruju’ pada masdar (yakni
dhomir maf’ul bih) contoh: ضربته
3.
Pembagian fi’il muta’addi
·
قسم ينصب مفعولاواحداوهوكثيرككتب الدرس و فهم المسألة
Menashabkan satu maf’ulbih dan fi’il ini banyak seperti: كتب الدرس (dia
telah menulis pelajaran), dan فهم المسألة (dia
telah mengerti masalah itu).
·
وقسم ينصب مفعولين ليس
أصلهمامبتدأوجبراكأعطى,وسأل,ومنح,ومنع,وكسا, والبس ونحو:أعطيت المتعلّم
كتابا ومنحت المجتهدجائزة.
Menashabkan dua maf’ulbih yang kedua-duanya bukan berasal dari mubtada dan
khobar, seperti: أعطى, سأل, كسا, منحdan البس contoh dalam jumlah
أعطيت المتعلّم كتابا (aku telah memberi murid itu ssebuah buku) dan منحت المجتهدجائزة (aku telah memberi yang rajin, suatu hadiah)
·
وقسم ينصب مفعولينل أصلهمامبتدأوخبروهو:ظنّ وجال و حسب وزعم
وجعل و عدّوحجا وهب وتفيد الزححان ورأى وعلم ووجد والقى ودرى وتعلّم وتفيد اليقين
و صيّر وردّ وترك,وتخذ واتّخذ وجعل ووهب وتفيد التحوّل نحوظننت المخبر صادقاوجعل
انحو ظنّ فى ظننت.
Menashabkan dua maf’ulbih yang asalnya mubtada dan khabar, yaitu fiil-fiil ظنّ وجال و حسب وزعم وجعل و عدّوحجا وهب memberi arti: mengadu/menduga/perkiraan. Dan رأى وعلم ووجد والقى ودرى وتعلّم memberi arti yakin/berkeyakinan. Dan صيّر وردّ وترك,وتخذ واتّخذ وجعل ووهب memberi arti perubahan,
contoh: ظننت المخبر صادقا artinya: “aku kira pemberi berita itu jujur”. Yang menjadi contoh ظنّ dalam ظننت
·
وقسم ينصب ثلاثة مفاعيل وهو ارى واعلم وانبأ ونبّأ وأخبر
وخبّر وحدّث.نحو يريهم الله أعمالهم حسرات عليهم.
Menashabkan tiga maf’ul yaitu fiil-fiil ارى واعلم (memperlihatkan),
انبأ ونبّأ وأخبر وخبّر (memberitakan/mengabarkan)
dan حدّث (menceritakan). Contoh: artinya: يريهم الله أعمالهم حسرات عليهم. “Allah memperlihatkan kepada mereka amal perbuatannya
menjadi sesalan (kerugian) bagi mereka”. Al-Baqarah 167. Yang menjadi contoh
maf’ulbih yaitu: dhamir هم padaأعما,
يريهم dan حسرات
4.
Fiil menjadi muta’adi apabila:
·
اذا دخلت عليه همزة التعديه نحو:وأنزل التوراة والانجيل
Jika dimasuki hamzah ta’diyah, contoh: أنزل التوراة والانجيل “menurunkan taurat dan injil”
·
اوضعّف ثانيه نحو:نزّل عليك الكتاب
Atau dengan tadh’if pada huruf keduanya, contoh: نزّل عليك الكتاب artinya:”dia telah menurankan atas engkau kitab al-qur’an”. Yang jadi
contoh: نزّل asalnya: نزل =turun
·
اودلّ على مفاعلة نحو: جالست العلماء
atau menunjukkan arti sama-sama berbuat, contoh: جالست العلماء artinya:”aku bergaul
sama-sama duduk berdampingan dengan para ulama”. Yang jadi contoh: جالست asalnya جلس =duduk
·
اوكان على وزن استفعل ودلّ على الطلب اوالنسبة نحو:استحرجت
المال
Atau berwazan استفعل dan menunjukkan arti menuntut atau hubungan/pandangan contoh: artinya: استحرجت المال “aku
(berusaha) mengeluarkan harta”.
·
او سقط معه الجارّولايطّرد الا مع ان و انّ نحو: شهد الله
انّه لااله الا هو
Atau gugur bersamanya huruf jar, dan tidak terjadi melainkan beserta ان atau انّ,
contoh: شهد الله انّه لااله الا هو
artinya:”Allah bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali dia”.
thank's
BalasHapus