Sabtu, 05 April 2014

0

metode dakwah

Posted in
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
PADA tulisan inisial, HANYA Akan disampaikan tentang mauidzah hasanahi Dalam, bentuk nasihat, tabsyir Dan tandzir (kabar Gembira Dan peringatan). Disability Suami Ulasan Sangat Penting dilakukan, terutama kepada 'masyarakat Yang mempunyai Latar Belakang Pendidikan Yang rendah Dan pemahamanyakeagaamnya kurang sehingga adanya Motivasi Dan Harapan Beragama melaui nasihat Dan tabsyir disatu Sisi, sehingga diharapkan bentuk nasihat Dan tabsyir nihil mamapu mendorong Dalam, meningkatkan keimanan Dan beribadah. Dan disatu Sisi Yang berbaring Perlu adanya peringatan agar Umat regular tidak Siaran dan hiburan untuk berbuat kemaksiaatan, mereka harus diberikan peringatan (tandzir) Dan ancaman.
B.     Rumusan Masalah
Latar Belang Diatas nihil, membentuk   rumusan masalah seperti berikut inisial:
a.       Pengertian nasihat?
b.      Kreterian Dan untuk siapa nasehat ITU?
c.       Nasehat Dalam, berbagai perspeketif?
d.      Tabsyir Pengertian Dan tandzir?
e.       Bentuk-bentuk tabsyir Dan tandzir?
C.     Tujuan Masalah
Diatas masalah Rumusuan, Akan membentuk tujuan masalah seperti berikut inisial:
a.       Mengerti APA ITU   nasihat
b.      Memahami APA ITU Kreterian Dan untuk siapa nasehat ITU
c.       Dapat memahami Nasehat Dalam, berbagai perspeketif
d.      Memahami Pengertian tabsyir Dan tandzir
e.       Memahami Bentuk-bentuk tabsyir Dan tandzir?






BAB II
PEMBAHASAN
1.      NASIHAT
A.      Pengertian Nasihat
Kata nasihat berasal Bahasa Dari bahasa arab, Dari kata diakui pada saat terhutang "Nashaha" ( نصح) Yang berarti khalasha ( خلص) Yaitu Murni Dan bersih Net Bahasa Dari Segala Kotoran, juga berarti "khata" ( خاط)   yaitu menjahit. Sebagian Ahli Ilmu berkata nasihat adalah perintah hati terhadap siapa pun dinasihati Yang dia. Nasihat adalah salat Satu Cara Bahasa Dari al-mau'izah al-hasanah Yang bertujuan mengingatkan bahwa Segala Perbuatan Pasti ADA sangsi Dan akibat.
Secara terminologi nasihat adalah memerintah atau melarang atau menganjurkan Yang dibarengi Artikel Baru Motivasi Dan acaman. Pengertian nasihat Dalam, kamus bahasa Indonesia Balai Pustaka adalah memberi petunjuk kepada jalan Yang BENAR. Juga berarti mengatakan sesuatu Yang BENAR Artikel Baru Cara melunakkan hati. Nasihat harus berkesan Dalam, jiwanya atau mengikat jiwanya Artikel Baru keimanan Dan petunjuk. Allah berfirman:
ولو أنهم فعلوا ما يوعظون به لكان خيرا لهم وأشد تثبيتا......
"Dan sesungguhnya kalau mereka melaksanakan Pelajaran Yang diberikan kepada mereka, tentulah Hal Yang demikian ITU lebih BAIK * Bagi mereka Dan lebih menguatkan (iman mereka). (QS an-Nisa ': 66)
B.     Kriteria seorang penasihat
Ibnu Taimiyah menyebutkan beberapa sifat yangharus dimiliki seorang da'i Diposkan oleh Yang mengajak kepada ma'ruf Perbuatan Dan melarang orangutan berbaring berbuat mungkar haruslah memiliki Ilmu tentang Hal ma'ruf Dan Yang mungkar Dan dapat membedakan keduanya ANTARA Dan harus memiliki Ilmu tentang keadaan orangutan Yang diperintahkan Dan Yang Dilarang. Dan Yang dimaksud derngan Ilmu ITU adalah APA-APA Yang dibawa Rasulullah Bahasa Dari APA-APA Yang kepadanya diutuskan. Jadi, berdakwah Tanpa didasari Ilmu menyalahi prektek nabi SAW, sebagaimana firman Allah.:
قل هذه سبيلي أدعو إلى الله على بصيرة أنا ومن اتبعني وسبحان الله وما أنا من المشركين
Katakanlah: "alt Inilah jalan (Agama) ku,: aku Dan orangutan orangutan Yang mengikutiku mengajak (KAMU) kepada Allah hujjah Artikel Baru Yang Nyata, Maha Suci Allah, Dan: aku Tiada termasuk orangutan orangutan Yang musyrik". (QS. Yusuf: 108)
C.     Untuk siapakah nasihat ITU?
Memberi nasihat merupakan salat Satu Cara seseorang Dalam, menuntun orangutan berbaring Menuju jalan Yang BAIK. Dan termasuk nasihat kepada Allah adalah   Taat kepada rasul-Nya Dalam, Hal Yang beliau wajibkan kepada manusia berdasarkan perintah rabbya, Artikel Baru regular tidak membenci Dan ridha terhadap orangutan Yang berbuat maksiat Dan Cinta kepada ketaatandan orangutan orangutan Yang Taat kepada Allah.
Adapun nasihat kepada kitab-Nya adalah Artikel Baru menyakini bahwasanya Al-qur'an kalamuallah ITU, Wajib mengimani-Nya, mengamalkan, memulyakan Dan membacanya Artikel Baru sebaik-baiknya.
Nasihat kepada rasul-Nya adalah Artikel Baru menyakini bahwa beliau seutama-Utama makhluk Dan Kekasih Allah. Sedangkan nasihat kepada pera pemimpin kaum muslimin yaitu kepada Penguasa mereka, mendengarkan Dan Taat kepada mereka Dalam, Hal Yang Bukan maksiat kepada Allah dikarenakan regular tidak ADA ketaatan kepada makhluk Dalam, Hal maksiat, seperti Yang Diposkan oleh disabdakan Rasulullah SAW: " regular tidak ADA ketaatan kepada seseorang Dalam, Hal maksiat kepada Allah SWT " .
Sedangkan nasihat kepada kaum muslimin PADA umumnya yakni menolong mereka Dalam, Hal kebaikan, melarang mereka berbuat keburukan Dan menganjurkan mereka berbuat kebaikan, membimbing mereka kepada petunjuk Yang BENAR Dan mencegah mereka Artikel Baru sekuat Tenaga Bahasa Dari kesesatan.
D.    Dalam, Hasihat Perspektif Al-Qur'an
perintah saling menasihati inisial dapat dilihat Dalam, Surat Al-Ashr ayat 1-3
   والعصرإنالإنسان لفي kehilangan   إلا الذين آمنوا وعملوا الصالحات وتواصوا بالحق وتواصوا بالصبر
"Demi masa, sesungguhnya manusia ITU BENAR-BENAR Dalam, keadaan merugi (celaka), kecuali orangutan orangutan Yang beriman, beramal shalih, saling menasehati Dalam, kebenaran, Dan saling menasehati Dalam, kesabaran." (Al 'Ashr: 1-3)
kata tawashauw ( توا صوا) Terambil Bahasa Dari kata (, وصية وصى (Yang secara Umum diartikan menyuruh secara BAIK. Beberapa Pakar bahasa lebih Jauh mengatakan bahwa kata Suami berasal Dari ( ارض وصية), Yang berarti Tanah Yang dipenuhi Tumbuhan. Kata   mereka lebih Jauh menasihati adalah tampil kepada orangutan berbaring Artikel Baru kata-kata agar Halus bersangkutan bersedia melakukan sesuatu pekerjaan Yang diharapkan dirinya secara bekesinambungan.
Dalam, ayat Suami ADA doa Hal Yang diminta untuk diwasiatakann yaitu ( الحق) Dan ( الصير).
Al-haq Bahasa Dari Segi bahasa berarti sesuatu Yang mantap regular tidak berubah APA pun Yang terjadi. Allah adalah Al-haq KARENA regular tidak mengalami perubahan. Value per share-value per share Agama juga adalah Al haq. Seperti nabi mengatakan: . Agama ITU adalah nasihat Kata al-haq Dalam, ayat Suami Artikel Baru arti yakni bahwa manusia hendaknya saling mengingatkan tentang keberadaan, kekuasaan, kemesan Allah   Serta sifat-sifat berbaring-Nya. Hal-Hal Yang Dalam, diwasiatkan Al-Qur'an adalah berbaring ANTARA:
a.       Pelaksanaan Agama, Bersatu padu, regular tidak bercerai berai.
b.      Bertakwa kepada-Nya. (QS. An-Nisa ': 13)
c.       Berbuat BAIK kepada orangutan Tua, khususnya kepada Mengajukan. (QS Luqman: 14)
d.      Beberapa perincian ajaran Agama seperti: PEMBAGIAN Harta warisan (QS. An-Nisa ': 11), shalat Dan zakat.
e.       Sepeuluh Hal Yang dianjurkan Dalam, surat al-An'am ayat 151-153 yaitu: 1. JANGAN mempersekutukan-Nya. 2. Berbuat BAIK kepada Mengajukan-bapak. 3. JANGAN membunuh Anak. 4. JANGAN mendekati zina. 5. JANGAN membunuh kecuali Artikel Baru Cara Yang Sah Dan dibenarkan, 6. JANGAN menyalah-gunakan Harta Anak yatim, 7-8. Timbangan Menyempurnakan Dan takaran, 9. Percakapan atau SIKAP hendaklah secara BENAR Dan adil, 10. Memenuhi JGI Yang dikuatkan Atas Nama Allah.
E.     Nasihat Dalam, Perspektif as-sunnah
Rasullulah sebgai seorang pengajar, Pendidik Dan pendakwah PERTAMA Umat Suami, adalh Pendidik Yang Ulasan Sangat memperhatikan Sisi perbedaan BAIK secara cooperative maupun preaktek.
Dalil-dalil Dan Parts Bukti bahwa Rasullulah telah melakukan inisial dalah sebagai berikut:
a.       Perbedaan nasihatnya terhadap beberapa orangutan Yang berbeda Latar Belakang.
b.      Perbedaan jawaban Dan fatwanya PADA pertanyaan Yang di ajukan Diposkan oleh beberapa orangutan Yang berbeda.
c.       SIKAP Perbedaan Dan prilakunya terhadap beberapa orangutan Yang berinteraksi Artikel Baru mereka.
d.      Perintah Perbedaan Dan pembebanan terhadap orangutan Yang berbeda Serta Artikel Baru Dan kemampuan kapasitas Yang berbeda.
e.       Penerimaanya terhadap sebagian SIKAP atau perilaku seseorang Yang regular tidak besarbesaran terima bahasa Dari orangutan Yang bebeda.
v  Contoh hadist nasihat Rasulullah berkaitan Artikel Baru pergaulan:
Rasulullah bersabda: " Kalian hendaklah berlaku Lemah lembut, kerena kelembutan ITU adalah BAIK keseluruhannya. Tiada kelembutan ITU berada Dalam, sesuatu, kecuali menambah keelokan Dan Keindahan padanya, Dan Tiada dicabut kelembutan ITU kecuali menjadikan sesuatu ITU lebih jelek Dan semakin buruk. "
v  Contoh hadist Rasulullah nasihat tentang pentingnya menuntut Ilmu:
"Consumer siapa Yang Tiba waktu ajalnya, Tanggal Gabung AGLOCO Dalam, suasana menuntut Ilmu, Maka AGLOCO Akan menjumpai Robbnya dimana Tiada Perantara baginya Artikel Baru para nabi atau derajat kenabian. Apabila Maut Datang kepada seseorang Yang menuntut Ilmu Dan dikala ITU dia meninggal, Maka dia tergolong kepada orangutan Yang mati syahid dijalan Allah ".
F.      Disability Dalam, memberikan nasihat
Syekh Muhammad Abduh, mengatakan bahwa Umat Yang dihadapi seorang pendakwah secara gari Besar membagi 3 golongan Yang masing-masing golongan harus dihadapi Artikel Baru Cara Yang pula berbeda-Beda:
a.       Ada golongan cerdik cendikiawan Yang Cinta kebenaran Dan dapat berfikir secara Kritis, CEPAT dapat menagkap arti persoalan. Mereka harus dipanggali atau Seruan diberi nasihat Artikel Baru hikmah, yaitu Artikel Baru alasan-alasan, dalil-dalil Artikel Baru Dan hujjah Yang dapat diterima Diposkan oleh kekuatan Doa mereka.
b.      Ada golongan Awam, yaitu kebanyakan Yang belum dapat berfikir secara Kritis Dan Mendalam, belum dapat menagkap pengertian Yang tingi-tingi, mereka inisial diseru atau diberi nasihat Artikel Baru Cara: "mauidzatun hasanah" Artikel Baru anjuran Dan didikan Yang BAIK Artikel Baru jaran-ajaran Yang Siaran dan hiburan dipahami .
c.       Ada golongan Yang tingkat kecerdasannya diantara doa golongan nihil, belum dapat dicapai Artikel Baru Hikmah Akan tetapi regular tidak Sesuai Bila dinasihati seperti golongan orangutan Awam, mereka Suka Membahas sesuatu, tetapi regular tidak HANYA Dalam, Batas Yang tertentu, regular tidak Sanggup Mendalam BENAR. Mereka inisial diseru atau dinasihati Artikel Baru cara "Mujadalah billati hiya ahsan" yakni Artikel Baru Cara bertukar Fikiran, guna mendorong supaya berfikir secara Sehat Satu Dan TOTAL denagn Cara Yang lebih BAIK.
Bahasa Dari menggunakan metoda atau mobil memberikan nasihat Yang kitd gunakan seperti Diatas, Maka tentunnya kitd harapkan orangutan Yang mendengarkan nasihat kitd berbuat amal Shaleh Yang bermanfaat Dan terkadang pula Dalam, memberikan nasihat Artikel Baru Motivasi Dan ancaman.
2.      TABSYIR WA TANDZIR
A.    Mau'idzah Hasanah Dalam, Bentuk Tabsyir
a.       Pengertian Tabsyir
Tabsyir  secara bahasa Bahasa Dari kata basyara Yang mempunyai arti memperhatikan, merasa Senang. MENURUT Quraish Shihab basyara berarti penampakan sesuatu Artikel Baru BAIK Dan Indah.
Adapun tabsyir  Dalam, istilah dakwah adalah penyampaian dakwah Yang berisi kabar-kabar Yang menghembirakan * Bagi orangutan orangutan Yang mengikuti. Secara terminologi  tabsyir Dalam, Konteks dakwah adalah INFORMASI, berita Yang BAIK Dan Indah sehingga Bisa cara membuat orangutan bergembira untuk menguatkan keimanan sekaligus sebagai sebuah Harapan Dan Motivasi Dalam, beribadah Serta beramal shahih.
b.      Tujuan Tabsyir (Kabar baik)
Kegitan dakwah sesungguhnya mempunyai orientasi Yang jelas yaitu mengajak, mengarahkan orangutan untuk mengikuti jalan Yang BENAR, BAIK Dalam, Kehidupan Dunia maupun akhirat. Adapun tujuan-tujuan tabsyir LAIN ANTARA:
a)      Menguatkan atau memperkokoh keimanan
b)      Memberikan Harapan
c)      Menumbuhkan Semangat untuk beramal
d)     Menghilangkan sifat keragu-raguan
Tujuan-tujuan Diatas diharapkan menjadi sebuah Motivasi di Dalam, melaksanankan ajaran-ajaran Agama. Adapun Motivasi nihil Diposkan oleh Kata bin Ali al-Qahtani dibagi menjadi doa:
PERTAMA, pemberian Motivasi Artikel Baru Janji, kedua pemberian Motivasi Artikel Baru menyebutkan bermacam-macam ketaatan.
Pemberian Motivasi Artikel Baru Janji
 Bagian tidak inisial mempunyai Gambaran Yang beraneka ragam, ANTARA berbaring:
a)      Motivasi Memberikan Artikel Baru Janji Dunia
* Semua Janji tentang keberubtungan di Dunia dapat kitd Ringkas sebagai berikut:
v  Janji berupa Kehidupan Yang Baik, yakni selamat Bahasa Dari Segala Yang dibenci Allah. Dalam, firman-Nya Allah menjanjikan kebaikan kepada orangutan-orangutan Yang beramal Shaleh Yang disertai Artikel Baru ikhlas:
من عمل صالحا من ذكر أو أنثى وهو مؤمن فلنحيينه حياة طيبة ولنجزينهم أجرهم بأحسن ما كانوا يعملون
" Barangsiapa mengerjakan amal saleh Yang, BAIK laki-laki maupun Perempuan Dalam, keadaan beriman, Maka sesungguhnya Akan Kami berikan kepadanya Kehidupan Yang BAIK Dan sesungguhnya Kami Akan beri balasan kepada mereka pahala Artikel Baru Yang lebih BAIK Bahasa Dari Apa Yang telah mereka kerjakan. "(QS. Al-Nahl: 97)
v  Janji berupa Segala penmbahan kebaikan Yang di sertai Artikel Baru rasa Syukur (QS. Nuh: 10-12, QS Ibrahim: 7.)

وإذ تأذن ربكم لئن شكرتم لأزيدنكم ولئن كفرتم إن عذابي لشديد
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mema `lumkan:" Sesungguhnya jika KAMU bersyukur, Pasti Kami Akan menambah (ni `mat) kepadamu, Dan jika KAMU mengingkari (ni` mat-Ku ), Maka sesungguhnya Azab-Ku Ulasan Sangat pedih ".
(QS. Ibrahim: 07)
b)       Meyebutkan Motivasi Artikel Baru menyebutkan bermacam-macam ketaatan
Motivasi Suami dimaksudkan untuk mengajak manusia agar berlomba-lomba berbuat bermacam-macam ketaatan. Seorang da'i harus memperhatikan Hal inisial, yaitu senantiasa mendorong agar orangutan orangutan mau mengerjakan shalat, zakat, haji, sodaqah, jihat slaturrahim Dan berbaring sebagainya. Didalam Al-Qur'an surat al-Dzariyat ayat 56 disebut kan: artinya " NUSANTARA: aku (Allah) ciptkan Jin Dan manusia melainkan supaya beribadah kepada-Ku ". (QS. Al-Dzariyat: 56)
Kata beribadah Diposkan oleh para Ahli tafsir ANTARA berbaring mempunyai arti Taat atau loyalitasdengan demikian Taat kepada allah adalah sebagai kebutuhan manusia Yang harus dilakukan terkait masih berlangsung SAAT.
B.     Bentuk-Bentuk Tandzir
Kata tandzir atau indzar  secara bahasa berasal bahasa Dari kata na-DZA-ra, MENURUT Ahmad bin Faris adalah suatu kata Yang menunjukkan untuk penakutan ( takhwif ). Adapun tandzir MENURUT istilah dakwah adalaha penyampaikan dakwaah dimana isinya berupa peringatan terhadap manusia tentang adanya Kehidupan akhirat Artikel Baru Segala konsekuiensinya.
Hasjmy Dalam, Buku Dastur dakwah MENURUT al-Qur'an. Mengutip pendpat Muhammad al-Ghazali bahwa rumusan bentuk-bentuk tandzir sebagai berikut:
a.        Penyebutan Nama Allah
Konsep inisial diberikan kepada orangutan Yang ketagihan kesenagan terlarang, KARENA besarbesaran sudah menganggap kemaksiatan ITU kesenangan Yang sifatnya Sekedar menuruti hawa nafsunya. SEMENTARA orangutan nihil PADA dasarnya Masih mempunyai ditempatkan dan keimanan, Diposkan oleh karenanya Dalam, Hal inisial kadang Bisa ditakuti orangutan nihil Artikel Baru penyebutkan Nama Allah Yang Maha Kuasa, demikian pula terhadap orangutan orangutan menganggap Enteng kebenaran Dan terpengaruh Artikel Baru kekuatan dirinya dapat menakutkan Artikel Baru memerintahkan kemaha kuasaan Allah Dan kemaha perkasaan-Nya.

b.      Menunjukkan Keburukan
Meskipun manusia berbuat jahat Suka Dan buruk, kadang mereka berusaha menutupinya Masih Dan regular tidak mau katahuan orangutan berbaring Dan sudah menjadi Tabiat manusia secara Umum bahwa manusia regular tidak Senang apabila kebeurukannya dilihat oranglain. Kedatipun menunjukkan Suami Boleh Dan Bagian tidak daripada peringatan (tandzir) Yang layak menjadikan sebuah menggunakan metoda berdakwah, tetapi Dalam, hali Suami, sebagai juru dakwah Dalam, Rangka Membongkar keburukan seoarang tokoh-tokoh Artikel Baru memanfaatkan Media INFORMASI Tetap PADA Koridor Agama yaitu harus berlandaskan moralitas value per share-value per share, LAIN ANTARA adalah regular tidak Boleh langsung tunjuk Hidung menyebutkan secara langsung dengn jelas Nama sang pelaku keburukan Dan kejahatan, bahkan andaikata dilakukan penyebutan kejahatan orangutan berbaring namanya menyebutkan Artikel Baru, justru Hal inisial sama Artikel Baru melakukan keburukan (maksiat).
c.       Pengungkapan Bahaya
Manakut-nakuti manusia agar regular tidak berbuat dosa terkadang   dapat dilakukan denagn mengungkapkan Bahaya dosa ITU, BAIK terhadap keimanan Sendiri maupun terhadap mental. KARENA kemaksiatan adalah Utusan kekafiran Dan penerimanya Satu kejahatan Yang menandakan matinya hatinya. Oleh karenanya manusia ketika melakukan Perbuatan dosa harus segera melakukan taubat kepada Allah, artinya segera book value Ke fitrahnya, yaitu book value kepada jalan Allah SWT.
d.      Penegasan Adanya Bencana Segera
Menakut-nakuti manusia agar regular tidak melakukan kriminal Dan kezaliman, terkadang dapat dilaksanakan Artikel Baru menegaskan adanya Bencana Dan kemelarataan Yang Akan segera menimpa TUBUH manusia ITU Sendiri, keluarganya, anaknya Dan kedudukannya. Mencari Google Artikel Baru demikian, manusia Akan menjauhkan kejahatan, KARENA Takut Akan Bahaya Yang segera menimpa.
e.       Penebutan Peristiwa Akhirat
Terkadang kitd dapat mendorong manusia agar mengerjakan bermacam-macam kebaikan Dan meningalkan kejahatan, denagn meyebutkan bergbagai Peristiwa akhirat seperti Azab Neraka Yang dasyat Dan kehinaan Tiada tara.

BAB III
PENUTUP
A.    Menipis
nasihat adalah memerintah atau melarang atau menganjurkan Yang dibarengi Artikel Baru Motivasi Dan acaman. Pengertian nasihat Dalam, kamus bahasa Indonesia Balai Pustaka adalah memberi petunjuk kepada jalan Yang BENAR. Juga berarti mengatakan sesuatu Yang BENAR Artikel Baru Cara melunakkan hati.
Adapun tabsyir  Dalam, istilah dakwah adalah penyampaian dakwah Yang berisi kabar-kabar Yang menghembirakan * Bagi orangutan orangutan Yang mengikuti. Secara terminologi  tabsyir Dalam, Konteks dakwah adalah INFORMASI, berita Yang BAIK Dan Indah sehingga Bisa cara membuat orangutan bergembira untuk menguatkan keimanan sekaligus sebagai sebuah Harapan Dan Motivasi Dalam, beribadah Serta beramal shahih.
Adapun tandzir MENURUT istilah dakwah adalaha penyampaikan dakwaah dimana isinya berupa peringatan terhadap manusia tentang adanya Kehidupan akhirat Artikel Baru Segala konsekuiensinya.
B.     Saran
Hendaknya Dalam, berdakwah kitd memeperhatikan Unsur-Unsur Yang ADA di dalamnya. Yakni mauidzoh hasan Yang bentunya nasihat Dan tabsyir Dan tandzir. Hal ITU Penting * Bagi pendakwah Kapan megunakan menggunakan metoda nasihat, tabsyir Dan tandzir ketika berdakwah.


BAb PUSTAKA
Munzier, menggunakan metoda dakwah (jakarta: kencana Prenada Media grub, 2008)
  


                                                                                                                           

0 komentar: